<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d3221512431424559915\x26blogName\x3dInfoGaya+Harian\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://infogaya-harian.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://infogaya-harian.blogspot.com/\x26vt\x3d-2793316161249639392', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Rabu, 18 Agustus 2010

Pesta Blogger 2010


merayakan keragaman

SIARAN PERS

Pesta Blogger+ 2010: Merayakan Keragaman
Merayakan peranan komunitas dalam mendorong perubahan


Jakarta, 18 Agustus 2010 - Ajang temu nasional blogger PESTA BLOGGER rencananya akan kembali digelar pada 30 Oktober 2010 mendatang. Memasuki tahun keempat, PESTA BLOGGER kini berkembang menjadi PESTA BLOGGER+ (baca: Pesta Blogger plus). Setelah tahun lalu diramaikan kehadiran 1,500 bloggers dari seluruh Indonesia, tahun ini PESTA BLOGGER+ memang bukan hanya diperuntukkan bagi para blogger. Penggiat media sosial lain seperti forum (Kaskus), Twitter, Facebook, dan lainnya juga dapat hadir di ajang 'kopdar' nasional ini.

"Perkembangan media sosial di Indonesia setahun belakangan ini sangat pesat. Bukan hanya blog saja, tetapi juga media sosial lain seperti Facebook dan Twitter," kata Irayani Queencyputri (Rara), Ketua Panitia PESTA BLOGGER+ 2010. "Indonesia punya suara ygna cukup besar di media sosial ini, terlihat dari jumlah pengguna Facebook, misalnya, maupun kemampuan kita mempengaruhi topik percekapan di Twitter. Karenanya, para penggiat dunia online punya potensi besar untuk mendorong terjadinya perubahan."

Saat ini, jumlah pengguna blog di Indonesia sudah mencapai hampir 2 juta orang. Sementara jumlah pengguna Facebook hingga Juli 2010 tercatat lebih dari 25 juta orang, atau meningkat hampir 300% dibandingkan Juli 2009. Jumlah pengguna Twitter dari Indonesia saat ini berada di urutan keenam di dunia; 2,41% dari jumlah total penggunal Twitter dunia.

MERAYAKAN KERAGAMAN menjadi tema yang dipilih untuk PESTA BLOGGER+ 2010 karena ajang ini hendak merayakan keragaman platform media sosial yang ada; juga ragam ketertarikan dari masing-masing penggiat dunia online dan komunitas online yang beragam ketertarikan dari masing-masing penggiat dunia online dan komunitas online yang beragam. "Lewat Pesta Blogger+ 2010, kami ingin mempertemukan pribadi-pribadi maupun komunitas-komunitas dengan ketertarikan yang beragam ini, dan melihat hal-hal hebat yang dapat mereka lakukan bersama untuk mendorong perubahan yang lebih baik bagi Indonesia, " kata Rara.

Menjelang PESTA BLOGGER+ di bulan Oktober, akan ada pula rangkaian acara di berbagai kota di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah XLNetRally bersama PT XL Axiata, perjalanan darat yang melibatkan 120 blogger dari Lampung, Jakarta, Bandung, Yogya, Malang, dan Surabaya menuju Semarang pada 6-7 Agustus lalu.

Rangkaian acara akan dilanjutkan dengan BLOGSHOP (blogging workshop) ke 10 kota di Indonesia bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Kota-kota yang akan dikunjungi di antaranya: Makassar, Padang, Manado, Pontianak, Banjarmasin, Aceh, Medan, Surabaya, Madura, dan Yogyakarta.

Bekerja sama dengan komunitas blogger lokal di kota-kota tersebut, pelatihan penggunaan blog dan media sosial akan diberikan terutama kepada komunitas, organisasi, maupun LSM yang sudah aktif secara offline, namun belum menggunakan media sosial untuk menyebarkan aktivitas mereka. Melalui pelatihan ini, diharapkan agen-agen perubahan di masyarakat dapat menyuarakan kegiatan mereka dan mendorong lebih banyak orang melakukan perubahan lewat media sosial/online.

Deputi Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Ted Osius menyatakan bahwa ia bangga dapat mendukung penyelenggaraan PESTA BLOGGER+ 2010 untuk ketiga kalinya. "Media sosial dan blog adalah salah satu alat untuk menyuarakan pendapat dan mendorong proses demokrasi. Indonesia adalah salah satu negara dengan kebebasan berpendapat terbaik di Asia Tenggara, dan acara ini adalah salah satu bentuk pernyataan hal tersebut."

Selain Facebook, Twitter dan blog, ada pula berbagai komunitas dari platform media soaial lain seperti Flickr, Foursquare, DevianArt, Kaskus, Koprol, dan masih banyak lagi. Tingginya jumlah pengguna dan banyaknya komunitas aktif yang tersebar di berbagai platform ini menunjukkan jangkauan dan pengaruh media sosial yang sangat besar di Indonesia.

Tentang Pesta Blogger
Pesta Blogger merupakan ajang temu nasional blogger yang pertama kali digelar pada 27 Oktober 2007 tahun lalu, sebagai sarana untuk menyediakan forum bagi para blogger di Indonesia untuk bertemu muka secara langsung, bertukar informasi, membangun diskusi, serta memperluas jaringan. Pada kesempatan tersebut, Menkiminfo Muhammad Nuh (sekarang Mendiknas; redaksi) juga menetapkan tanggal penyelenggaraan Pesta Blogger tersebut sebagai Hari Blogger Nasional.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pesta Blogger+ 2010, silakan mengunjungi http://pestablogger.com/



LEMBAR FAKTA
PESTA BLOGGER

TENTANG PESTA BLOGGER

Pesta Blogger merupakan ajang temu nasional blogger di Indonesia. Pesta Blogger pertama kali digelar pada tanggal 27 Oktober 2007 sebagai forum alternatif bagi para blogger di Indonesia untuk bertatap muka secara langsung, bertukar informasi, memicu diskusi, serta memperluas jaringan. Pada kesempatan tersebut, Menkominfo Muhammad Nuh (sekarang Mendiknas; redaksi)juga menetapkan tanggal penyelenggaraan Pesta Blogger yang pertama sebagai Hari Blogger Nasional. Acara ini digagas oleh konsultan kehumasan Maverick bersama agensi media digital Bubu.com

LATAR BELAKANG PELAKSANAAN PESTA BLOGGER
  • Jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 40 juta pengguna di tahun 2010. Lebih dari satu juta diantaranya adalah blogger, dan jumlah pengguna sosial media lain juga terus meningkat.
  • Pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 15 juta orang.
  • Bahasa Indonesia berada di urutan ketiga di dunia sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di Wordpress
  • Jumlah tweet yang dikontribusikan oleh Indonesia mencapai 2,34%, berada di urutan ke-6 terbesar setelah Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Kanada, dan Australia.
  • Dan tahun ke tahun blog menunjukkan pengaruh yang semakin besar dalam membentuk persepsi publik.
  • Guna mencegah munculnya opini negatif dari publik dan meningkatkan citranya secara langsung kepada penggunanya, para pebisnis di Indonesia mulai membina hubungan baik dengan blogger maupun netizen untuk kegiatan pemasaran maupun korporasi

PENCAPAIAN PESTA BLOGGER
  • Pemerintah menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Tanggal tersebut adalah tanggal Pesta Blogger pertama diselenggarakan
  • Hingga bulan Juli 2009, hasil telusur "Pesta Blogger" di Google Search menghasilkan 335,000 halaman, 391,000 untuk pesta blogger dan 139,000 tautan blog
  • Hasil di statbrain.com menunjukkan blog resmi Pesta Blogger (http;//pestablogge.com) dikunjungi oleh setidaknya 9.569 pengguna Internete per hari (Agustus 2010)
  • Dengan dukungan penuh dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Pesta Blogger 2008 mengundang lima blogger asing terkemuka untuk datan ke Indonesia selama satu minggu penuh untuk berkunjung ke tiga kota besar di Indonesia yaitu Bali, Yogyakarta dan Jakarta. Undangan tersebut bertujuan agar mereka dapat melihat Indonesia dari sisi yang lebih positif, kemudian kembali ke negara masing-masing dan membagi pandangan baru tersebut dengan komunitasnya melalui vcast, podcast maupun Twitter. Kelima blogger asing tersebut adalah Mark Tafoya (AS), Anthony Bianco (Australia), Mike Aquino (Filipina), Jeff Ooi (Malaysia) dan Mr. Brown (Singapura).
  • Pesta Blogger 2009 juga berhasil mendatangkan tiga orang blogger asing terkemuka untuk ikut berpartisipasi, yaitu Anthony Bianco (Australia), Mr. Brown (Singapura) dan Brian Giesen (Amerika Serikat). Anthony dan Mr. Brown sudah pernah berpartisipasi dalam Pesta Blogger sebelumnya, dan merasa sangqt senang untuk dapt berpartisipasi kembali. Pesta Blogger ketiga ini dihadiri oleh 1.500 orang, tiga kali lipat dibandingkan dengan Pesta Blogger pertama.
  • Pesta Blogger adalah pencetus inde Bloggership Indonesia. Bloggership merupakan sebuah program beasiswa khusu yang membrikan kesempatan kepada blogger-blogger muda untuk menulis tentang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Beasiswa ini merupakan kerjasama Pesta Blogger dengan Microsoft Indonesia. Beasiswa yang dimenangkan oleh Anandita Puspitasari (nonadita.com) di tahun 2009, dan oleh Nico Wijaya (sekarduside.com) di tahun 2010 tersebut mendapat lebih dari 20 liputan media serta 9.590 tautan untuk "Microsoft Bloggership"

MENGENAL PESTA BLOGGER 2010

"PESTA BLOGGER+ - MERAYAKAN KERAGAMAN"
Pesta Blogger+ (baca: Pesta Blogger Plus) yang diadakan pertama kalinya tahun ini adalah upaya untuk memperluas jangkauan Pesta Blogger - tidak lagi hanya blogger, tetapi juga onliner dan netizen lain. Ini adalah bentuk apresiasi terhadap berkembangnya komuitas online melalui berbagai platform, seperti Facebook, Twitter, Flickr, DeviantArt, Koprol, MySpace, dan banyak lagi.

Karena itu, tema Pesta Blogger+ tahun ini pun mempunyai semangat yang sama, yaitu "Merayakan Keragaman". Merayakan dan merangkul berbagai komunitas online yang berbeda-beda, mengajak mereka berkumpul bersama dan menyaksikan hal-hal hebat yang akan muncul di saat orang-orang kreatif di dunia online berkumpul secara offline.

Panitia
  • Ketua : Irayani Quweency Putri (http://i-rara.com/)
  • Event Manager : Nia K. Sadjarwo
  • Board Member:
    1. Ong Hock Chuan, Maverick (http://theunspunblog.com/)
    2. Enda Nasution, Chairman PB07 (http://enda.goblogmedia.com/)
    3. Wicaksono, Chairman PB08 (http://ndorokakung.com/)
    4. Iman Brotoseno, Chairman PB09 (http://blog.imanbrotoseno.com/)

  • Anggota:
    1. Amril Gobel (http://deengbattala.com/)
    2. Yati Maulana (http://bergerak.blogspot.com/)
    3. Sofia Kartika (http://sofieworld.blogspot.com/)
    4. Shinta Setiawan (http://spss.wordpress.com/)
    5. Lu Zipeng (http://bohongan.wordpress.com/)
    6. Indah Juli (http://tentangkami.wordpress.com/)
    7. Henny Rolan (http://henz.bogsome.com/)


PESTA BLOGGER 2009
  • Mengusung tema "One Spirit One Nation"
  • Dihadiri oleh dari 1.400 blogger dari seluruh Indonesia, termasuk perwakilan komunitas-komunitas blogger daerah dan perwakilan sponsor.
  • Didukung penuh oleh Departemen Komunikasi dan Informatika
  • Dihadiri oleh 80 wartawan dari 58 media dan menghasilkan 156 liputan
  • Mendukung blogger asing terkemuka untuk berbagi pengalamannya di acara puncak di Jakarta
  • Melakukan Blogging Workshop (blogshop) di sepuluh kota di seluruh Indonesia

PESTA BLOGGER 2008
  • Mengusung tema "Blogging for Society"
  • Diikuti oleh setidaknya 1.000 peserta yang terdiri dari blogger-blogger terkemuka dan perwakilan komunitas-komunitas blogger daerah
  • Didukung penuh oleh Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementrian Negara Riset dan Teknologi serta Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementrian Negara Riset dan Teknologi serta Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
  • Dihadiri oleh 110 wartawan dari 71 media dan menghasilkan 123 liputan
  • Mengundang blogger asing terkemuka untuk kegiatan Blogging Roadshow


PESTA BLOGGER 2007
  • Merupakan pertemuan blogger berskala nasional pertama dan satu-satunya di Indonesia
  • Mengusung tema "The New Voice of Indonesia"
  • Diikuti oleh lebih dari 500 blogger ternama serta perwakilan komunitas blogger dari berbagai daerah di Indonesia
  • Didukung penuh oleh Departemen Komunikasi dan Informatika dengan ditetapkannya tanggal 27 Okteber sebagai hari Blogger Nasional
  • Mendapatkan lebih dari 60 liputan media cetak dan elektronik.

Beranda

Label:

1 Komentar:

Pada 27 Februari 2021 pukul 11.43 , Blogger Major mengatakan...

Keren Ada hal seperti ini.

Jangan lupa kunjungi

https://mrdonztime.blogspot.com/

Cara Membuat Blog SEO Friendly/

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda