<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar/3221512431424559915?origin\x3dhttp://infogaya-harian.blogspot.com', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Rabu, 22 Oktober 2014

Peran Zuchex Mempromosikan Industri Houseware di Tanah Air

Peran Zuchex Mempromosikan Industri Houseware di Tanah Air
InfoGaya - Jakarta, 22 Oktober 2014 – Menjelang penyelenggaraan Zuchex Housewares & Gift Fair 2014 yang akan digelar di Hall B, Jakarta Convention Center pada 13 - 15 November 2014  mendatang, PT Dyandra Tarsus International dan Life Media selaku penyelenggara terus mematangkan persiapan pameran yang perdana digelar di Indonesia ini. “Sebagai pameran houseware business-to-business (B2B) bertaraf internasional yang pertama di Indonesia, Zuchex Housewares & Gift Fair 2014 kami harap mampu menarik minat buyers, baik lokal maupun internasional. Penyelenggara menaruh harapan agar pameran ini juga bisa memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan industri houseware di tanah air,” terang Inca Yoshiko, Manager Divisi Trade Fairs PT. Dyandra Tarsus International.

Zuchex Indonesia 2014 merupakan pameran business-to-business (B2B) yang akan menjadi one-stop-shopping dari berbagai brand industri houseware ternama  dunia, termasuk dari dalam negeri. “Kami berharap ajang ini bisa kembali menggerakkan bisnis houseware Indonesia agar lebih siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mendatang,” tambah Inca. Melalui ajang ini, para penggerak industri dalam negeri bisa menjalin jejaring dengan pemain internasional, sekaligus memperdalam studi tentang standar global yang menjadi perhatian utama untuk bisa menang di persaingan nanti.

Sesungguhnya Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain besar di kancah internasional, antara lain karena dukungan ragam budaya di Indonesia. Kekayaan budaya yang memberikan inspirasi tanpa batas bisa dikreasikan menjadi motif atau dasar bagi desain houseware unik yang membedakan produk houseware Indonesia dengan produk lain. Kekayaan budaya dari Aceh hingga Papua ini bisa dimaksimalkan dalam berbagai desain houseware yang tentunya akan sangat menarik bagi buyers.

Hasilkan Produk dengan Standar Internasional
Masalah ketatnya standardisasi produk khususnya di negara-negara tujuan ekspor utama, seperti Jepang dan Amerika Serikat, turut dirasakan para pelaku industri houseware. Selain itu, ada pula beberapa negara tujuan ekspor yang mewajibkan produk yang masuk harus mengikuti sertifikasi lokal dengan persyaratan yang ketat dan biaya yang cukup mahal. Untuk industri kreatif termasuk houseware, seringkali pembeli luar negeri tidak memiliki cukup referensi tentang reputasi dari pemain Indonesia. Para pembeli dari luar negeri tentu lebih memilih untuk melihat langsung kualitas dan standar produk daripada sekadar mencari referensi melalui website atau online. Kendala lainnya adalah kurangnya pengetahuan akan tren desain yang disukai luar negeri. Kendala-kendala tersebut memiliki pengaruh besar terhadap kinerja ekspor dalam negeri, dimana selain ada hal-hal yang harus diselesaikan di level government-to-government (G2G), namun ada pula yang harus diupayakan sendiri oleh para pelaku ekspor dalam negeri.

Saat ini produksi dan ragam jenis houseware Indonesia terus berkembang. Tidak sedikit dari produk houseware Indonesia yang memiliki potensi untuk diekspor. Dengan penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak, khususnya dari unit usaha kecil menengah (UKM), tentu industri ini berperan penting dalam membangun ekonomi kerakyatan. Untuk melakukan promosi ke luar negeri tentu memerlukan biaya besar, oleh karena itu perlu dukungan dari pemerintah dan pelaku industri besar untuk melakukan promosi terpadu dalam membangun reputasi para pemain industri houseware tanah air di kancah internasional.

Kehadiran pameran Zuchex Housewares & Gift Fair 2014 di Indonesia bisa menjadi momentum untuk menarik perhatian terhadap industri housewares Indonesia. Pameran ini memberikan medium bagi para pemain industri housewares lokal untuk menunjukkan karya terbaik mereka kepada buyers lokal dan internasional. Agar mampu menarik perhatian, produk lokal harus bisa memenuhi standar internasional. Kemampuan untuk menghasilkan produk dengan standar internasional juga akan membuka jalan bagi produk houseware Indonesia untuk bersaing di pasar global.

Selain itu ajang untuk menunjukkan kemampuan desainer lokal berikut berbagai produk houseware dari pemain lokal, ajang ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berdiskusi, belajar dan saling berbagi mengenai industri houseware baik lokal maupun internasional. Para peserta juga bisa mendapat masukan langsung dari para buyers terkait desain, tren, dan berbagai hal lain terkait industri houseware.

Dukungan bagi Industri Pariwisata Indonesia
Sebagai pameran business-to-business (B2B) Zuchex Housewares & Gift Fair 2014 juga menyasar kalangan perhotelan dan industri hospitality pada umumnya yang ada di Indonesia. Seperti telah dijelaskan di atas, keberagaman budaya yang mampu dituangkan ke dalam berbagai desain houseware akan sangat menarik bila dipadankan dengan keunikan desain hotel, guest house, resort, atau tempat-tempat tujuan wisata lain yang ada di Indonesia.

Selama ini wisatawan asing umumnya hanya mengenal Bali sementara Indonesia jauh lebih besar dari Bali. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri telah menyatakan komitmen untuk mengembangkan 16 lokasi pariwisata strategis selain Bali. “Melalui pameran ini, kami juga ingin mendukung pertumbuhan industri pariwisata Indonesia, khususnya melalui produk-produk houseware yang bisa mewakili kekayaan budaya dan alam Indonesia, misalnya melalui produk tableware bermotif batik dan lain-lain,” ujar Inca.

***

Tentang Zuchex
'Zuchex Indonesia' merupakan hasil kerjasama antara Life Media, penyelenggara Zuchex dan Zuchex Ideal Homex, sebuah pameran housewares sukses di Istanbul. Bersama dengan Tarsus Group PLC sebuah grup media yang berkantor pusat di London, dengan pengalaman menjalankan lebih dari 80 event dalam setahun, di seluruh dunia dan juga Dyandra Promosindo, penyelenggara pameran profesional terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia, dengan pengalaman dalam mengorganisir lebih dari 500 pameran di Jakarta.

Tarsus tidak hanya mendukung pertumbuhan dan perkembangan Zuchex dan Ideal Homex Istanbul, tetapi berperan dalam membawa merk Zuchex ke Indonesia pada bulan November 2014 dan Dubai pada Januari 2015. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.zuchexindonesia.com.

Tentang Life Media Fuarcilik
Life Media didirikan pada tahun 1995 oleh Mr Irfan Tiras yang ditandai dengan peluncuran majalah perdagangan dalam bahasa Turki bernama “Zuccaciye”. Zuchex pertama diadakan pada tahun 1997 dan telah berkembang menjadi  housewares and gift show  terbesar di Eurasia, tetapi juga salah satu pameran dagang terbesar di Turki. Life Media mempekerjakan 30 staf penuh waktu di kantornya di distrik Istoc, Istanbul, rumah housewares and gift show .

Life Media menjadi bagian dari Tarsus Group di Maret 2012 dan bersama mengusung dua event perdagangan tahunan, Zuchex dan Zuchex Ideal Homex ditambah empat majalah perdagangan, Zuccaciye, Life Tech, Life Plast dan Housewares And Gift, yang kesemuanya dalam bahasa Inggris.

Tentang Tarsus Grup
Tarsus Group plc (LSE: TRS) adalah sebuah kelompok media internasional business-to-business yang fokus dalam penyelenggaraan pameran, penerbitan dan media online. Grup beroperasi secara global dengan menyelenggarakan berbagai jenis pameran termasuk penerbangan, kesehatan, label dan kemasan, pakaian diskon (Off-Price), peralatan rumah tangga dan otomotif. Tarsus telah menyelenggarakan lebih dari 80 event dan website. Beberapa merk event andalannya meliputi pameran Labelexpo di Eropa, Amerika, India dan Asia, serta Dubai Airshow.

Grup ini beroperasi di seluruh dunia, dengan kantor perwakian di Dublin, London, Paris, Milwaukee, Boca Raton (Florida), Dubai, Shanghai, New Delhi dan Istanbul. Tarsus brand image yang kuat di pasar negara berkembang meliputi Timur Tengah, China, Turki, India dan Amerika Selatan.

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda