<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar/3221512431424559915?origin\x3dhttp://infogaya-harian.blogspot.com', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe", messageHandlersFilter: gapi.iframes.CROSS_ORIGIN_IFRAMES_FILTER, messageHandlers: { 'blogger-ping': function() {} } }); } }); </script>

Jumat, 13 Februari 2015

Pariwisata Indonesia Bersama Accor Ajak Wisata #ImlekNusantara

Para pelaku komunitas sosial siap sukseskan Familiarization Trip 2015, meriahkan The Wonderful Imlek Festival di Indonesia #ImlekNusantara
InfoGaya Jakarta, 12 Februari 2015 - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik diselenggarakannya "Famtrip (familiarization trip) 2015 The Wonder Imlek Festival in Indonesia" dalam upaya mendorong minat masyarakat untuk lebih menyukai berwisata di dalam negeri, termasuk ketika saat liburan hari raya Imlek yang tahun ini akan berlangsung pada 19 Februari hingga 5 Maret 2015.

Familiarization Trip 2015
The Wonderful Imlek Festival in Indonesia

"Experiernce the best of Lunar New Year Festival in Indonesia. And share the moment."
"Saatnya orang Indonesia menjadi duta pariwisata negaranya sendiri."

Menpar Arief Yahya mengatakan, perayaan hari raya Imlek memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan nusantara (winsus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) karena banyak event yang digelar dalam menyambut Imlek di berbagai daerah. Melalui kegiatan famtrip The Wonderful Imlek Festival in Indonesia 2015 menjadi sarana bagi masyarakat untuk mempromosikan daya tarik wisata daerah dalam bingkai Wonderful Indonesia dan Pesona Indoenesia.

"Kami ingin mengajak masyarakat dari berbagai daerah di Nusantara, untuk ayo,  sudah saatnya kita semua menjadi duta pariwisata bangsa sendiri. Bersama-sama kita promosikan keindahan Indonesia dengan cara masing-masing. Mulai dengan cara yang paling mudah, yaitu melalui media online," kata Ratna Susanti, Direcor for Indonesia image Branding yang hadir dalam peluncuran "Famtrip (familiarization trip) 2015 The Wonderful Imlek Festival in Indonesia" di Hotel Mercure Sabang, menggantikan Arief Yahya yang tidak dapat hadir.

Dilatari penduduk yang heterogen, Indonesia adalah negara dengan keragaman suku dan budaya yang amat tinggi. Salah satu suku yang telah memberikan pengaruh cukup besar dalam perjalanan bangsa ini adalah masyarakat Tionghoa. Komunikasi budaya antara masyarakat Tionghoa dan masyarakat pribumi telah menguatakan identitas Indonesia sebagai bangsa yang ber-Bhinek Tunggal Ik.

Dalam waktu yang amat panjang, masyarakat Tionghoa telah berakulturasi dengan warga pribumi dari berbagai suku di Tanah Air. Meleburnya warga Tionghoa di negeri ini jelas menjadi bukti adanya daya kohesi budaya yang kuat. Pembauran budya tersebut bahkan terjadi saat perayaan Tahun Baru Imlek yang telah menjadi bagian dari kebudayaan dan tradisi ribuan tahun.

Imlek bagi warga Tionghoa bukan hanya sekedar ritual rutinitas tahunan saja melainkan juga warisan budaya yang menyatu dengan kepercayaan. Tahun Baru Imlek dimulai pada hari pertama penanggalan Tionghoa dan berakhir di hari kelima belas lewat perayaan Cap Go Meh. Tahun ini. Imlek jatuh pada 19 Februari hingga 5 Maret 2015. Imlek biasanya identik dengan berdoa, perjamuan makan keluarga, penyulutan kembang api, juga pemasangan ornamen oriental seperti lampion, gambar para Dewa, hio, dupa, patung naga, barongsai serta ucapan Gong Xi Fat Chai.

Di Pelosok Indonesia banyak daerah yang akan memeriahkan perayaan Imlek. Singkawang dengan perayaan Cap Go Meh yang disebut-sebut sebagai event terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, ada juga di Semarang dengan Pasar Imlek Semawis, Solo dengan Grebek Sudiro, Medan dengan Gebyar Imlek Fair, Palembang dengan beragam kegiatan di China Town Dempo, serta daerah lainnya di Tanah Air.

Untuk memeriahkan dan mempromosikan perayaan Imlek di Indonesia dan meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) dari kedatangan wisatawan mancanegara (wisman), Kementerian Pariwisata (Kemenpar) c.q. Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata Indonesia, menerapkan strategi promosi pariwisata secara terintegrasi antara cetak, elektronik, online, ruang, dan kegiatan aktivasi. Salah satunya kali ini adalah dengan mengajak 14 orang komunitas sosial media mengikuti kegiatan Familiarization Trip (Fam Trip) Imlek untuk menjelajahi destinasi di Semarang dan Solo dalam rangka perayaan tahun baru Imlek 14-19 Februari 2015.

14 orang komunitas sosial media tersebut terdiri dari blogger, videographer, photographer, dan travel buzzer yang akan membantu Kemepar mempromosikan tujuan wisata dan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar menjadi duta pariwisata negaranya sendiri. Mereka akan mempromosikan tujuan dan atraksi wisata yang disambangi melalui berbagai saluran media online yang ada. Ajakan viral ini juga diikuti dengan diumumkannya peluncuran program #ImlekNusantara yang didukung oleh Accor, yaitu hotel operator terbesar di Asia Pasifik.

Selain itu, Kemenpar juga menyelenggarakan kompetisi foto bertajuk Pesona Indonesia Wonderful Imlek yang bertujuan untuk menghadirkan keragaman budaya Indonesia sebagai cerminan dari Bhineka Tunggal Ika. Wonderful Imlek diharapkan dapat memperlihatkan suasana kemeriahan persiapan dan kegiatan Imlek dan Cap Go Meh di berbagai tempat di Indonesia. Pendaftaran kompetisi ini dimulai 5 Februari - 31 Maret 2015 dan peserta boleh menguggah foto sebanyak-banyaknya. Akan ada 8 orang pemenang yang akan diumumkan dengan dua teratas berhak mendapatkan hadiah tiket PP Jakarta - (Pontianak) Singkawang di Kalimantan Barat, dan tiket PP Jakarta - Pangkal Pinang, Bangka Belintung, 6 pemenang lainnya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, voucher hotel dan voucher belanja. Untuk informasi lebih jelas dapat dilihat di laman www.indonesia.travel.

Menpar Arief Yahya juga mengajak masyarakat untuk mengabadikan perayaan inlek di Tanah Air dari berbagi lewat jejaring sosial media dengan tagar #ImlekNusantara. "Selain mengirimkan 14 orang komunitas sosial media ke Semarang dan Solo, saya juga ingin mengajak masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mengabadikan festival Imlek di daerahnya masing-masing dan membagikan momen itu ke media sosial menggunakan tagar #ImlekNusantara sehingga semua orang bisa melihat keberagaman perayaan Imlek dari berbagai pelosok Tanah Air".

Chief Operation Officer Accor wilayah Malaysia, Indonesia dan Singapura, Gerard Guillouet, menyampaikan bahwa orang Indonesia perlu menjadi duta wisata negaranya karena Indonesia memiliki begitu banyak potensi pariwisata. Accor pun turut berkomitmen mendukung pariwisata Indonesia.

"Kami percaya bahwa kita semua bertanggung jawab untuk mempromosikan keindahan Indonesia kepada keluarga, teman dan kolega secara aktif. Terdapat begitu banyak destinasi menarik yang dapat dinikmati di negeri ini, tersebar di lebih dari 13.000 pulau di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun beroperasi di Indonesia dan komitmen jangka panjang mendukung perkembangan industri pariwisata di Indonesia, Accor senang dapat mendukung Kementerian Pariwisata Indonesia untuk program #ImlekNusantara dan ajakan menjadi duta wisata Indonesia."

Terkait dengan program digital, beberapa inisiatif Accor untuk turut memajukan industri pariwisata di Indonesia tercermin dalam pengembangan situs booking Accor - accorhotels.com - yang telah hadir dalam Bahasa Indonesia sejak tahun 2012 lalu. Selain manfaat pemesanan kamar secra online, Accorhotels.com juga dilengkapi dengan panduan tentang destinasi-destinasi di Indonesia, sehingga membantu para wisatawan untuk memahami beragam keunikan destinasi wisata di Indonesia. Situs booking hotel Accor yang telah hadir dalam 16 bahasa dan membukukan lebih dari 20 juta reservasi kamar di seluruh dunia pada akhir tahun 2014 lalu, dan dikunjungi oleh sekitar 300 juta visitor. Situs Accorhotels.com terhubung dengan situs keanggotaan LeClub Accorhotels yang saat ini memiliki lebih dari 18 juta anggota.

Dengan lebih dari 90 hotel yang beroperasi saat ini, dan lebih dari 100 hotel dalam tahap perencanaan pembangunan, Accor berada pada posisi yang strategis untuk mendukung Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengajak masyarakat menjadi Duta Wisata Indonesia.

Ibu Ratna Suranti dan Ibu Nina bersama para pelaku komunitas sosial siap sukseskan Familiarization Trip 2015, meriahkan The Wonderful Imlek Festival di Indonesia #ImlekNusantara

Label: , , , , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda